Sengketa Merek, Gugatan Pembatalan Ibox Kandas

by

ipnews.acaciapat.com — Upaya pembatalan merek yang dilakukan PT Multicom Persada terhadap 19 tergugat terkait sengketa merek Ibox kembali kandas setelah majelis tidak menerima gugatan.

Direktur Operasional Multicom Persada Daniel Setiawan kecewa atas putusan tersebut karena selama proses persidangan tergugat I dan II tidak hadir. Kedua pihak tersebut merupakan pihak yang berkepentingan.

“Tergugat tidak datang dan melawan malah saya yang kalah,” ujar Daniel, Minggu (15/2/2015).

Menurutnya, majelis tidak berani mengatakan bahwa tergugat tersebut tidak menggunakan haknya sendiri dan membenarkan dalil penggugat. Terlebih yang diminta penggugat adalah pembatalan merek.

Daniel akan menempuh upaya hukum kasasi karena majelis tidak mempertimbangkan ketidakhadiran tergugat.

Ketua majelis hakim Aswijon mengatakan tergugat III-IXX mengajukan eksepsi bahwa gugatan penggugat salah alamat, kabur dan tidak jelas (obscuur libel). Posita dengan petitum Multicom tidak saling mendukung.

“Menyatakan gugatan penggugat tidak dapat diterima,” kata Aswijon dalam amar putusan yang dibacakan, Kamis (12/2/2015).

Dia menambahkan penggugat meminta tergugat VII-IXX atau para pengelola mal untuk menutup gerai Ibox. Selain itu, meminta untuk meninjau ulang perjanjian antara pengelola mal dengan penyewa.

Penggugat, lanjutnya, tidak menjelaskan mengenai hubungan hukum dengan para tergugat. Terlebih, para pengelola mal tidak mempunyai relevansi terkait gugatan tersebut.

Gugatan Multicom dinilai tidak jelas apakah para tergugat melakukan pelanggaran merek atau melakukan perbuatan melawan hukum. Eksepsi yang diajukan para tergugat cukup beralasan hukum dan patut dikabulkan. Sumber: Bisnis.com