Hindari Penjiplakan, Kemenkop UKM akan Bagikan Sertifikat Hak Cipta Gratis bagi UKM

by
ilustrasi

ilustrasi

Acaciapat.com – Hindari Penjiplakan, Kemenkop UKM akan Bagikan Sertifikat Hak Cipta Gratis bagi UKM. Kasus penjiplakan batik Indonesia oleh negara jiran Malaysia, rupanya menjadi warning agar segala produk asli Indonesia segera disertifikatkan hak ciptanya termasuk produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Oleh karena itu Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) akan bekerjasama dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) untuk memberikan sertifikat hak cipta secara gratis bagi pelaku UKM di Indonesia.

Kepada para wartawan termasuk di Gedung Smesco, Jakarta, Menkop UKM Puspayoga menegaskan, pihaknya akan memfasilitasi para pelaku UKM untuk mempermudah mendapatkan sertifikat hak cipta secara gratis dari Diriktorat Jenderal Hak Cipta Kemenkum HAM.

“Tujuannya adalah untuk melindungi produk yang dihasilkan para pelaku UKM di Indonesia agar tidak dijiplak pihak lain,” ujar Puspayoga.

Menurut Puspayoga, hingga saat ini sudah sekitar 2.700 pelaku UKM yang telah mendapatkan sertifikat hak cipta. Pemberian sertifikat secara gratis merupakan terobosan yang dilakukan Kemenkop UKM serta Kemenkum HAM.

“Setelah mendapatkan sertifikat hak cipta, para pelaku UKM tidak lagi ragu untuk terus menghasilkan produk baru dan mempromosikannya,” tegasnya.

Dikatakannya, meski pemberian sertifikat hak cipta merupakan kewenangan Kemenkum HAM, namun pihaknya berkewajiban memberikan kemudahan bagi para pelaku UKM untuk mendapatkan secara mudah, tentu dengan melengkapi persyaratannya.

“Agar proses pengurusannya lebih mudah, kami sudah berkoordinasi dengan Kemenkum HAM,” ungkapnya.

Sumber: http://onenews.id