ASUS: Smartphone dan Notebook itu Sama

by

Dwi Andi Susanto

ASUS: Smartphone dan notebook itu sama

Merdeka.com – Sebagai produsen notebook nomor 2 dunia sekaligus pencipta motherboard terbaik dunia, ASUS memiliki alasan sendiri kenapa mereka sampai saat ini masih tetap berkutat pada produksi notebook selain juga menciptakan perangkat mobile.

Berbeda perusahaan, mungkin juga berbeda alasan tentang definisi dan artian secara luas tentang sebuah smartphone dan notebook. Menurut penjelasan Manager of Product Management and Marketing, ASUS Indonesia, Juliana Chen, smartphone itu sama saja dengan notebook, hanya ukurannya yang membedakan.

“Kami memandang smartphone sebagai sebuah komputer yang bisa dibawa dalam genggaman tangan. Smartphone mempunyai prosesor, grafis, memori, tempat penyimpanan data, baterai, kamera dan layar LCD. Demikian pula dengan notebook yang juga memiliki prosesor, kemampuan grafis, memori, tempat penyimpanan data, baterai, kamera dan layar LCD. Jadi perbedaan keduanya hanya bentuknya saja yang lebih kecil, tetapi kemampuannya hampir sama,” sebut Juliana.

Dari penjelasan tersebut, Juliana menyampaikan bahwa hal tersebut lah yang menjadi alasan utama kenapa sampai sekarang ini ASUS masih berkutat untuk tetap memproduksi sebuah notebook atau laptop juga smartphone.

Memang tidak disebutkan secara mendalam, namun dari penjelasan Juliana tersebut membersitkan bahwa ASUS nampaknya ingin mencoba merangkul dua segmen pasar dalam satu cakupan mereka agar menghasilkan keuntungan yang double dan maksimal.

“Sepanjang tahun 2013 lalu, ASUS sudah mendapatkan 4.256 penghargaan dari berbagai lembaga profesional di seluruh dunia. Ini membuktikan bahwa ASUS benar-benar memimpin dalam inovasi dan kinerja produk,” sebut Juliana.

Terakhir, Juliana menyebutkan, ASUS memasuki pasar smartphone dengan berbekal memenangkan penghargaan dari Android Authority, sebagai ponsel Android terbaik di CES 2014 untuk produk Zenfone.

“Kami percaya ASUS akan terus memimpin dalam inovasi smartphone, di mana smartphone merupakan bentuk yang lebih kecil dari sebuah komputer,” ucap Juliana.

Source: merdeka