Takut Dituntut, Google Hapus Java dari Android

by
Ilustrasi (asj/detikINET)

Ilustrasi (asj/detikINET)

Acaciapat.com - Jakarta, Google baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghentikan penggunaan application programming interface (API) Java di Android. Hal itu mereka lakukan untuk menghindari permasalahan hukum dengan pemilik paten Java, yaitu Oracle.

Sebagai gantinya, Google akan menggunakan API dari OpenJDK di Android N, yang merupakan versi open source dari Java Development Kit, yang juga dimiliki oleh Oracle, namun bisa digunakan secara bebas.

Oracle sebelumnya pernah menuntut Google karena menggunakan API Java tanpa izin. Tuntutan itu pertama dilayangkan pada tahun 2010, namun kala itu Google berkilah bahwa penggunaan API tak bisa dikategorikan sebagai pelanggaran hak paten, karena perannya di pengembangan software.

Tuntutan itu sebenarnya sudah dimenangkan oleh Google pada tahun 2012, namun di tahap lebih tinggi, pengadilan menganulir keputusan tersebut dan mengembalikannya ke tahap pemeriksaan.

Jika pengadilan kemudian memenangkan Oracle, maka Google akan terkena denda yang sangat besar, karena semua perangkat Android sejak awal hingga Marshmallow masih menggunakan API Java, demikian dilansir dari Phone Arena, Rabu (20/12/2015)

Sumber : inet.Detik.com