SENGKETA MEREK: Setelah Yamada, Yamato Gugat Yamaru

by

Gugatan pembatalan pendaftaran merek dapat diajukan berdasarkan tiga alasan antara lain adanya itikad tidak baik, bertentangan dengan ketentuan hukum, dan ada persamaan pada pokoknya untuk barang sejenis. /yamato

 

Gugatan pembatalan pendaftaran merek dapat diajukan berdasarkan tiga alasan antara lain adanya itikad tidak baik, bertentangan dengan ketentuan hukum, dan ada persamaan pada pokoknya untuk barang sejenis.

ipnews.acaciapat.com – PT Yamato Sewing Machine Mfg Co Ltd kembali mengajukan gugatan pembatalan merek dagang Yamaru milik Shintawati, setelah sebelumnya melayangkan gugatan yang sama pada Yamada milik Ronny Wijaya.

Kuasa hukum Yamato Budianto dari George Widjojo & Partners mengatakan kedua merek dagang tersebut sama-sama mempunyai persamaan kata maupun suara pada pokoknya. Penggugat sebagai pemegang hak khusus di Indonesia dan dunia untuk merek dagang dan badan hukum Yamato.

“Yamaru memiliki kesamaan kata dan suara. Ada kemungkinan ingin mendompleng ketenaran merek klien kami,” kata Budianto dalam surat gugatan yang dikirimkan ke Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, Selasa (15/7/2014).

Dia menambahkan domisili pemilik merek sudah pindah dari semula yang beralamat di Kecamatan Kalideres Jakarta Barat dan sampai saat ini belum diketahui, sehingga belum bisa hadir di persidangan. Pemanggilan akan dilakukan melalui media massa.

Pihaknya juga turut menggugat Direktorat Merek Kementerian Hukum dan HAM sebagai tergugat II yang mengabulkan pendaftaran merek Yamaru pada 18 Februari 2011. Yamato telah terdaftar di Indonesia pada Direktorat Merek dengan sertifikat No. IDM00007281 pada 4 Mei 2006.

Budianto berpendapat berdasarkan ketentuan Pasal 68 ayat 1 UU No. 15/2001 tentang Merek, gugatan pembatalan pendaftaran merek dapat diajukan berdasarkan tiga alasan antara lain adanya itikad tidak baik, bertentangan dengan ketentuan hukum, dan ada persamaan pada pokoknya untuk barang sejenis.

Dalam surat gugatan pembatalan merek pada 8 Juli 2014 tersebut, Yamaru yang bersertifikat No. IDM000294747 memiliki jenis barang yang sama dengan Yamato yakni mesin jahit, mesin obras, mesin pelubang kancing, serta tali motor mesin jahit yang terbuat dari kulit.

Source: bisnis.com