Samsung Amankan Paten Kalung Pintar

by
Foto: Patently Mobile

Foto: Patently Mobile

Acaciapat.com – Jakarta, Badan paten Amerika Serikat mempublikasikan sebuah paten baru yang didaftarkan Samsung. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut membuat kalung pintar.

Dilansir IB Times, Selasa (8/3/2016), kalung pintar ini bisa berubah menjadi headset wireless untuk mendengarkan musik atau sebagai alat komunikasi yang bisa menelepon.

Headset bluetooth semacam ini memang bukan sesuatu yang baru. Sejumlah vendor seperti LG dan Sony juga punya perangkat dengan fungsi serupa. Yang membuat perangkat Samsung berbeda, kemampuannya yang bisa memproyeksikan user interface (UI) dalam wujud hologram 3D.

“Tampilan hologram akan dimunculkan dalam gambar 3D di hadapan si pengguna dengan memanfaatkan interferensi cahaya,” demikian deskripsi paten tersebut.

Seperti di film fiksi ilmiah, proyeksi UI akan seolah melayang di udara. Proyeksi ini nantinya memudahkan pengguna untuk bernavigasi memilih menu.

Samsung memberikan catatan, perangkat ini akan menggunakan material yang sangat fleksibel seperti silikon. Disebutkan pula bahwa kalung pintar ini bisa mengenali operasional pengguna dengan sensor cahaya dan sensor proximity yang bisa berfungsi menjawab telepon hanya dengan gerakan tangan sederhana.

Headphone wireless Gear Circle dan Level U milik Samsung saat ini punya desain mirip kalung pintar yang baru dipatenkan tersebut. Namun keduanya tidak berbentuk bulat sempurna melingkari leher, melainkan punya sisi yang terbuka.

Belum diketahui apakah Samsung akan mewujudkannya dalam produk jadi. Karena tak jarang beberapa teknologi hanya berakhir dalam wujud paten tanpa pernah diproduksi secara massal.

Sumber : inet.Detik.com