PEMBUKAAN KONSULTAN HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM RI TAHUN 2014

by

DSC_0048

Posted in HKI by I

“Konsultan HKI adalah mitra kerja Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual dimana Konsultan HKI juga merupakan jembatan penghubung antara Direktorat Jenderal HKI dengan pemilik HKI. Sebagai mitra, Konsultan HKI dan Direktorat Jenderal HKI harus membina dan menjalin hubungan yang lebih baik lagi kedepannya dan bahu membahu untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai HKI”

 

Jakarta – Indonesia sebagai salah satu negara berkembang yang sedang menghadapi tantangan globalisasi, telah mengambil langkah-langkah bidang hukum terkait Hak Kekayaan Intelektual, terbukti dengan diratifikasinya beberapa ketentuan tentang perjanjian Hak Kekayaan Intelektual seperti TRIPs (Trade Related Aspects of Intellectual Property Right), Paris Convention for The Protection of Industrial Property, Berney Convention, WPPT (WIPO Performers and Phonograms Treaty) dan beberapa persetujuan Hak Kekayaan Intelektual lainnya.

Untuk menyebarluaskan informasi mengenai Hak Kekayaan Intelektual kepada masyarakat Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual menggunakan berbagai cara dan upaya, salah satunya yaitu dengan dibentuknya Konsultan HKI yang bertugas untuk melakukan pelayanan konsultasi dan sosialisasi di bidang Hak Kekayaan Intelektual termasuk tatacara pengajuan permohonan HKI. Sejak diberlakukan Peraturan Pemerintah tentang Konsultan Hak Kekayaan Intelektual pada tahun 2005 (PP Nomor 2 Tahun 2005) sampai saat ini jumlah konsultan HKI terdaftar telah mencapai 735 orang. 

Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM membuka Pelatihan Konsultan Hak Kekayaan Intelektual di Universitas Bina Nusantara Jakarta pada hari sabtu (24 Mei 2014) dimana dibuka langsung oleh Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Tosin Junansyah. Yang hadir dalam Pembukaan Konsultan HKI sekitar 50 orang diantaranya Direktur Paten Corrie Naryati, Direktur Kerjasama Parlagutan Lubis serta Konsultan HKI yang akan mengikuti pelatihan ini. “Konsultan HKI adalah mitra kerja Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual dimana Konsultan HKI juga merupakan jembatan penghubung antara Direktorat Jenderal HKI dengan pemilik HKI. Sebagai mitra, Konsultan HKI dan Direktorat Jenderal HKI harus membina dan menjalin hubungan yang lebih baik lagi kedepannya dan bahu membahu untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai HKI” tutur Tosin Junansyah selaku Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal HKI.

Dengan diadakan kegiatan Pelatihan Konsultan HKI ini diharapkan kedepannya Konsultan HKI dapat mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai HKI serta dapat memajukan dan memberikan kesadaran akan pentingnya Hak Kekayaan Intelektual.

Source: Dgip.go.id