Microsoft Lolos dari Tuntutan Paten Berdampak Pelarangan Impor Lumia

by
Microsoft Lolos dari Tuntutan Paten Berdampak Pelarangan Impor Lumia

(www.neowin.net)

Acaciapat.com – Microsoft Lolos dari Tuntutan Paten Berdampak Pelarangan Impor Lumia. Sebuah keputusan dari ITC (International Trade Commission) Amerika Serikat telah menyelamatkan Microsoft dari tuntutan hukum yang bisa berdampak besar bagi upaya Microsoft untuk eksis di pasar mobile. Melalui putusan terbarunya, ITC telah memutuskan Microsoft tidak bersalah atas sebuah tuntutan atas dua paten dari InterDigital yang meminta pelarangan impor atas produk Windows Phone dari Microsoft, sekaligus membatalkan putusan bersalah yang diputusn pengadilan sebelumnya.

InterDigital dan Microsoft telah bersengketa sejak lama. InterDigital pertama kali menuntut Nokia di tahun 2007 lalu karena dianggap melanggar paten tentang teknologi mengenai optimasi daya ponsel untuk terhubung ke jaringan. Microsoft, yang mewarisi masalah tersebut dari Nokia, diputus kalah pada bulan April 2015 lalu oleh pengadilan.

Akibat putusan tersebut, Microsoft diharuskan membayar lisensi atas paten yang dilanggarnya. Akan tetapi Microsoft menolak membayar royalti paten yang diminta InterDigital karena dinilai terlalu besar untuk ukuran paten-paten esensial ponsel.

Jika Microsoft tidak mau membayar lisensi paten, produk smartphone Microsoft yang menggunakan teknologi seluler 3G terancam dilarang beredar. Pelarangan tersebut termasuk smartphone seri Lumia yang saat ini menguasai 3 persen pangsa pasar ponsel dunia. Beruntung, ITC membatalkan putusan tersebut pada hari Jumat lalu karena Microsoft diputus tidak melanggar paten InterDigital.

Sebagai balasannya, di awal bulan ini Microsoft telah menuntut InterDigital melalui pengadilan federal Amerika Serikat. Microsoft mengatakan bahwa InterDigital telah melanggar hukum antitrust karena ingkar janji untuk memberikan lisensi dengan syarat yang masuk akal.

Menanggapi putusan terbaru ITC, pihak InterDigital menyatakan kekecewaannya. Namun demikian putusan tersebut hanya akan berdampak kecil karena Nokia dan Microsoft hanya memiliki pangsa pasar yang terbatas pada saat ini. Pihak Microsoft menyatakan terimakasihnya atas putusan ITC yang menghentikan upaya InterDigital untuk melarang perdagangan produk-produk Microsoft.

Sumber: http://www.teknoup.com