Kalahkan Multivision Dkk, Rahmawati Pencipta Naskah Film Soekarno

by

Rivki

Jakarta – Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) memenangkan Rahmawati Soekarno Putri dalam gugatan film Soekarno ‘Indonesia Merdeka’. Majelis menganggap Multivision Plus, Raam Punjabi dan sutradara Hanung Bramantyo melakukan pelanggaran hak cipta.

Dalam sidang yang dipimpin oleh hakim Ahmad Rosidin, di PN Jakpus, Jl Gadjah Mada, Senin (11/3/2014), majelis menganggap Rahmawati secara sah sebagai pencipta naskah Film Soekarno ‘Indonesia Merdeka’.

“Mengabulkan gugatan untuk sebagian, menyatakan Rahmawati Soekarnoputri sebagai pencipta naskah film Sokearno Indonesia Merdeka,” putus Ahmad Rosidin.

Selain itu majelis juga menghukum Multivision Plus, Raam Punjabi, dan Hanung Bramantyo untuk membayar ganti rugi materil dan imateril kepada Rahmawati. Adapun total ganti rugi hanya Rp 2.

“Menghukum tergugat membayar ganti rugi sebesar 1 rupiah untuk materil dan imateril 1 rupiah,” ujarnya.

Sedangkan gugatan yang tidak dikabulkan adalah menyatakan ketiga tergugat tidak melakukan pelanggaran hukum atas hak cipta atau naskah atau karya cipta.

Menanggapi putusan tersebut, kuasa hukum Rahmawati Turman Panggabean mengaku puas. Menurutnya keputusan itu sudah benar dan sesuai rasa keadilan.

Sedangkan pihak tergugat yang diwakili pengacara Rivai Kusumanegara berencana akan mengajukan kasasi. Rivai mengaku kecewa dengan putusan itu karena bisa memangkas kreatifitas pembuat film.

Source: detik