Hak Paten Mobil Land Rover Evoque dan Penjiplaknya Dinyatakan Tidak Valid

by
Hak Paten Mobil Land Rover Evoque dan Penjiplaknya Dinyatakan Tidak Valid

Land Wind

Acaciapat.com – Hak Paten Mobil Land Rover Evoque dan Penjiplaknya Dinyatakan Tidak Valid. Tuntutan Jaguar Land Rover pada perusahaan China Jiangling yang dituding menjiplak desain mobil Evoque memasuki babak baru. Dilansir dari Reuters, otoritas hak paten China memperlihatkan paten Evoque dinyatakan tidak valid atau dibatalkan. Yang menarik, ternyata China juga memutuskan hal yang sama bagi Jiangling.

Hak Paten Mobil Land Rover Evoque dan Penjiplaknya Dinyatakan Tidak Valid. Paten Evoque dibatalkan di China pada bulan April karena mereka menilai, desain mobil sudah dipamerkan atau dipublikasikan di kawasan lain sebelum ada pengajuan aplikasi paten.

Sementara paten Jiangling Landwind X7, si penjiplak Evoque, dibatalkan karena dewan menganggap mobil sudah mirip dengan Evoque.

Namun menurut pengacara hak paten dari Zhong Lun Law, Chen Jihong, kedua produsen masih bisa mengajukan hak paten.

Juru bicara Jaguar Land Rover, Andrew Marsh mengatakan, meski hak paten dinyatakan tidak valid, Jaguar Land Rover tidak akan menyerah menuntut Jiangling dan menuding Jiangling telah menciptakan kompetisi yang tidak adil dan menimbulkan kebingungan bagi konsumen.

Jiangling

Jiangling

“Situasinya masih sama, tuntutan pada hak cipta dan kompetisi yang tidak sehat terpisah dari paten,” ujarnya.

Sumber: http://oto.detik.com