Daimler Patenkan Teknologi Pengatur Suhu Ban

by
Dengan semprotan air, suhu ban dapat dijaga. Autoevolution

Dengan semprotan air, suhu ban dapat dijaga. Autoevolution

Acaciapat.com – Daimler Patenkan Teknologi Pengatur Suhu Ban. Perkembangan teknologi otomotif seakan tak ada habisnya. Mulai dari yang berguna, sampai unik sudah banyak dipatenkan oleh brand-brand otomotif. Yang terbaru adalah milik Daimler , mereka mematenkan teknologi semprotan untuk pendinginan ban. Teknologi ini akan menyemprotkan air ke arah ban ketika dibutuhkan.

Tujuannya untuk mengontrol suhu ban, dan diperkirakan akan digunakan pada mobil performa tinggi yang dirakit oleh brand Jerman tersebut, yang kemudian diikuti penggunaan pada model reguler.

Pemilik mobil tak perlu mengisi ulang air karena air yang disemprotkan, memanfaatkan air bekas dari air yang disemprotkan pada kaca depan dan belakang. Ada semacam penampung yang menangkap air yang telah membasahi kaca depan-belakang tadi.

Pada tempat penampungan ada alat pengontrol suhu, yang akan disesuaikan dengan temperatur ban. Temperatur ban dibaca menggunakan sensor yang terhubung dengan alat penampung, sehingga bisa menyesuaikan.

Air yang disemprotkan ke arah ban bisa hangat atau dingin. Sistem ini bisa menghangatkan ban saat musim dingin atau salju, serta mendinginkan ban saat melaju di musim panas.

Sistem seperti ini sudah diterapkan pada balap truk, bedanya air menyemprot ke arah pengereman. Suhu sistem rem harus dijaga agar tidak terlalu panas yang berakibat berkurangnya fungsi rem.

Sumber: http://otomotif.metrotvnews.com