Apple Miliki Paten Tombol Home Liquid-Metal

by
Apple tombol Home (ilustrasi)

Apple tombol Home (ilustrasi)

Acaciapat.com – USPTO (U.S. Patent and Trademark Office) baru-baru ini memberikan 40 lisensi paten terbaru untuk Apple. Salah satunya terkait teknologi yang menggambarkan berbagai implementasi dan manfaat dari tombol Home berbahan Liquid-Metal, pada perangkat iPhone dan iPad.

Paduan bahan Liquid Metal atau dikenal sebagai “bulk solidifying amorphous alloys” atau disingkat BSAA dalam pengajuan paten ke USPTO diklaim memiliki sejumlah sifat yang unik, termasuk memiliki kekuatan tinggi, ketahanan korosi, ringan, dan kelenturan yang sangat baik.

Sejak 2010 lalu, Apple setiap tahun secara berkala memperpanjang hak eksklusif untuk menggunakan material Liquid-Metal. Awalnya diketahui bahwa Apple memakai bahan itu untuk SIM Tool iPhone, dimana penggunaan lainnya yakni untuk tombol home .

(Gambar detail paten)

(Gambar detail paten)

Steve Zadesky, seorang eks karyawan Apple menjelaskan bagaimana Liquid-Metal memiliki elastisitas tinggi, yang membuat bahan tersebut menjadi sangat ideal untuk tombol home yang sering mendapat tekanan dan sensitif akan resiko rusak saat ditekan. Menggunakan Liquid-Metal maka tombol tersebut akan kembali ke bentuk normal seusai proses penekana tersebut.

Di sini Liquidmetal akan selalu mempertahankan sisi elastisitas-nya, sementara bahan lain seperti titanium atau stainless steel bisa menjadi ireversibel, cacat dan mempengaruhi bentuk tombol home.

Paten Apple ini terdaftar di dokumen paten USPTO Amerika Serikat, dengan nomor register Paten No 9.279.733.

Sumber : TabloidPulsa.co.id