Apple Miliki Paten Penutup Aktif buat Lindungi Lubang Terbuka di iPhone

by
Ilustrasi (iPhone 6)

Ilustrasi (iPhone 6)

Acaciapat.com – Selain telah mengajukan paten iPhone untuk dioperasikan menggunakan sarung tangan, Apple juga mengajukan paten lain yang memungkinkan iPhone tetap terlindungi dari resapan air yang terkontaminasi.

Seperti dilansir Apple Insider, paten bernama “Electronic devices with housing port shutters” yang dipublikasikan USPTO ini menjabarkan tentang sistem penutup aktif yang bakal secara otomatis memblokir akses terhadap speaker, mikrofon, dan port terbuka lainnya yang ada di perangkatiOS.

Paten Active Shutters

Lebih jauh, teknologi dalam paten baru disebutkan bisa diimplementasikan buat melindungi lubang jack headphone dan juga slot bercokolnya kartu SIM di perangkat iPhone, iPad, dan iPod touch.

Dalam implementasinya, teknologi paten ini akan menutup lubang-lubang port terbuka ketika tidak digunakan. Sehingga, iPhone terlindungi dari masuknya air yang dapat merusak komponen-komponen di dalamnya.

Apple mengajukan paten ini pertama kali pada Mei 2014 kemarin. Paten ini ditemukan tiga orang penemu. Mereka adalah SungChang Lee, Kee Suk Ryu dan Ki Myung Lee.

Keuntungan dari hadirnya paten tersebut adalah kamu tidak harus lagi merogoh kocek dalam-dalam jika suatu saat iPhone milikmu mengalami kerusakan karena teredam cairan berbahaya ataupun debu sekalipun.

Tapi seperti paten Apple lainnya, paten penutup aktif ini belum tentu akan menghampiri iPhone generasi mendatang karena Apple tampaknya masih memerlukan waktu yang cukup untuk mengembangkannya. Kita nantikan saja teknologi hadir di iPhone masa depan.

Sumber : makemac.com