Apple Berdamai dengan Nokia Soal Sengketa Paten

by

ipnews.acaciapat.com – Setelah sempat berselisih soal penggunaan paten, kini Apple dan Nokia berdamai bersamaan dengan pengumuman perjanjian lisensi anyar antara dua perusahaan itu. Dalam perjanjian itu, Nokia akan menyediakan layanan infrastruktur jaringan untuk Apple, sementara Apple akan kembali menjual perangkat kesehatan Nokia di Apple Store. Perangkat-perangkat ini sebelumnya dijual dengan merek Withings — perusahaan yang akuisisi Nokia pada Juni 2016 –.

Perangkat kesehatan Nokia itu sebelumnya sempat ditarik dari Apple Store, baik offline mau pun online, tepatnya pada Desember 2016 lalu. Hal tersebut terjadi setelah Nokia menggugat Apple dengan tuduhan pelanggaran paten.

Tak banyak informasi detail soal perjanjian lisensi anyar antara Apple dan Nokia ini. Namun yang jelas Nokia menyebut akan menerima pembayaran di muka dari Apple, termasuk pemasukan tambahan lain.

Dalam konferensi pers bersama, kedua perusahaan itu juga menyebut kalau mereka sedang menjajaki kerja sama lebih lanjut di masa yang akan datang soal inisiatif kesehatan digital, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (24/5/2017).

Perjanjian ini adalah akhir dari perselisihan paten yang dimulai pada 2016 lalu, saat Nokia menggugat Apple di Jerman dan di Amerika Serikat. Dalam gugatan tersebut Nokia menyebut Apple melanggar 32 paten miliknya.

Sebelum itu, kedua perusahaan ini juga sudah pernah berselisih. Apple dan Nokia saling menggugat pada 2009, dan kemudian berdamai dengan membuat sebuah perjanjian lisensi pada 2011. Sumber: Detik.com